Sunday, 16 July 2017

Tutorial Membuat Bookmark/Pembatas Buku Karakter Dari Origami (Oddbods)

Hai sahabat blogger sepermainan~
Hari ini Lianty kembali dengan membawa postingan tutorial membuat bookmark lagi nih ><
Tutorial yang sebelumnya bisa lihat di sini ya.

But, kali ini bookmarknya berbeda dari yang sebelumnya pernah Lianty buat.
Bookmark kali ini adalah bookmark karakter (di sini Lianty bikin karakter Oddbods)-

dan cara membuatnya sedikit lebih sulit.
Tapi percayalah hasilnya akan memuaskan :D


Okedeh, kita langsung aja sediakan alat dan bahannya yah ;)


Alat dan bahan :
-Origami berbagai warna
-Kertas putih polos
-Lem
-Gunting
-Spidol berbagai warna
-Pembolong kertas
-Benda berbentuk bulat, boleh tutup lem atau koin

Saran Lianty, origaminya yang warnanya tidak timbal balik yah...
Lebih bagus menggunakan origami yang kedua warna sisinya berbeda.
Seperti yang Lianty pakai saat ini, satu sisi berwarna ungu sedangkan sisi yang satunya lagi berwarna putih.


Step 1 :

1 . Siapkan origami berwarna milikmu.



2 . Lipat sisi ujungnya yang berlawanan menjadi bentuk segitiga seperti pada gambar :



3 . Lipat kedua bagian atas sejajar ke arah bawah seperti pada gambar :



4 . Buka kembali lipatan, ambil sisi bawah dan lipat ke atas, hanya satu bagiannya saja ya~
Lebih jelas lihat pada gambar :



5 . Turunkan dan kembali lipat kedua sisi yang tadi kita buka. Masukkan ke dalam sela kertas seperti pada gambar :




Step origami utama sudah selesai, sekarang kita lanjut ke step berikutnya ;)


Step 2 :

6 . Siapkan kembali origami warna hitam dan kertas putih polos milikmu. Juga jangan lupa siapkan alat-alatnya, gunting, lem dan pembolong kertas ya.
 
7 . (1)Gunakan benda berbentuk bulat yang tadi kita siapkan untuk membentuk bagian matanya. Gambar di bagian kertas putih polos sebanyak dua buah.
(2)Setelah itu, gunakan pembolong kertas untuk bagian dalam mata, pakai origami yang berwarna hitam.
(3)Yang terakhir, sediakan kertas putih yang warnanya sedikit kekuningan dan gunting untuk bagian wajah (untuk yang ini Lianty gunakan bagian belakang dari origami yang berwarna oren karena warna putihnya menjadi sedikit kekuningan).
Lebih jelas lihat pada gambar :



8 . Tempel bagian mata hitam ke bagian putih mata yang besar menjadi seperti bola mata menggunakan lem yang sudah di siapkan. Bagian wajah tempel langsung ke origami utama.



9 . Tempel kedua bola matanya ke bagian wajah.



10 . Siapkan spidol warna yang warnanya sama dengan warna origami kalian. Kalau tidak ada yang sama cari warna yang mendekati. Gambar kelopak matanya.
Lebih jelas lihat gambar :




11 . Kembali siapkan origamimu. Kali ini warnanya hitam, putih, merah dan warna yang sama seperti origami utama milikmu. Gunting beberapa bagian.
(1)Lingkaran yang lebih kecil dari bola mata berwarna sama dengan origami utama milikmu. (2)Lengkungan dari origami putih polos untuk bagian antena. (3)Setengah lingkaran berwarna hitam untuk bagian mulut. (4)Gigi-gigi berwarna putih polos. (5)Dan yang terakhir warna merah untuk bagian lidah. Lihat gambar agar lebih jelas :



12 . Tempel bagian merah lidah ke bagian hitam mulut. Lingkaran kecil tempel ke antena dan bagian gigi tempel langsung pada origami utama. Seperti pada gambar :



13 . Tempel bagian mulut dan antena langsung ke bagian utama origami.
Kembali siapkan spidol warna yang tadi kamu gunakan.



14 . Langkah terakhir~! Warnai antenanya dengan warna belang-belang seperti blaster dengan spidol warna tadi.



15 . Selesai deh~! Sekarang kamu bisa langsung gunakan ke bukumu >_<
Atau kamu juga bisa berikan pada temanmu untuk hadiah kecil-kecilan :>





Sisanya bisa kamu kreasikan sesuai kemauan dan selera kamu sendiri.
Kamu juga bisa buat sesuai karakter kartun favoritmu.
Lianty juga buat versi sumiko gurashi lho (karakter kartun yang ada di blog ini)



Yap! Kalian sudah selesai membuat bookmark ini begitupun juga Lianty yang sudah selesai menulis tutorial ini. Semoga bermanfaat untuk kalian ya sahabat blogger sepermainan~
Sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya~~~

Salam kreatif,

-Lianty Putri-

Catatan tambahan :
Mulai hari ini Lianty akan jarang ngeblog karena Lianty sudah masuk sekolah.
Jadi jangan heran yah... Seminggu bisa ngepost sekali saja rasanya sudah syukur T^T


Thursday, 13 July 2017

[Rabu, 12/07/2017] Kemunculan Double Pelangi di depan Rumah

“Pelangi-pelangi, alangkah indahmu...
Merah kuning hijau, di langit yang biru...
Pelukismu agung... siapa gerangan?
Pelangi-pelangi, ciptaan tuhan...”

Hai sahabat blogger sepermainan~!
Hari ini Lianty mau cerita sesuatu nih~ Sesuatu yang jarang terjadi di tempat Lianty.
Kemarin sore, tepatnya hari rabu tanggal 12 Juli 2017, satu peristiwa langka telah terjadi.
Tempat tinggal Lianty yang notabenenya ‘Kota’ jarang banget bisa ngeliat pelangi seperti kemarin.

Rabu kemarin sore, hujan panas turun mengguyur sebagian kota.
Tapi hujan itu terjadi tak berlangsung lama.
Lianty, ayah Lianty dan adik Lianty sedang duduk-duduk di teras rumah sambil bercerita.
Lianty juga kemarin duduk memangku laptop sambil menunggu detik-detik rilisnya anime BORUTO episode terbaru (episode 15) pukul 17:55. Ya... BORUTO rilis setiap minggu di hari rabu.
Maklum saja kalau Lianty menunggu sampai segitunya :3

Saat itu hujan telah berhenti. Anime BORUTO yang beberapa menit lagi akan dirilis Lianty lupakan begitu saja setelah ayah Lianty berteriak “Pelangi!”.
Lianty langsung kaget dan menoleh ke arah langit tepat di depan rumah Lianty.
Satu buah benda astral berwarna-warni melintas melingkar di atas langit.
“Wahhh pelangi!!” Lianty gak kalah girang.
Langsung aja deh Lianty samber hp dan foto-in pelanginya. 
Berasa kayak di negri dongeng T-T

“Dua pelanginya!” ujar ayah Lianty lagi.
“Hah dua?” Saat Lianty lihat dengan seksama, ternyata benar pelanginya ada dua.
Walaupun yang satunya tidak terlihat terlalu jelas. Lianty dengan semangatnya foto-in pelanginya.
Melupakan anime BORUTO episode 15 yang sudah dirilis :v







“Ci! *kakak* BORUTOnya download dulu lah!” Ujar adik Lianty yang sama sekali gak tertarik sama pelanginya :3 dasar.
“Nanti lah! BORUTO nanti bisa lihat, pelangi belum tentu tiap tahun bisa lihat” Ujar Lianty sebel :v

Dan yah...
Lianty dan ayah Lianty terus memandangi pelangi itu sampai habis dan hilang :’)

Umur Lianty sudah 15 tahun, tapi baru kali ini Lianty lihat pelangi asli sejelas ini dengan mata Lianty sendiri. Dulu pernah sewaktu masih kecil sekali, Lianty ngeliat pelangi, tapi gak sebulat ini dan juga warnanya gak secerah ini. Setelah itu Lianty juga pernah melihat pelangi lagi, tapi juga hanya bayang-bayangnya saja.
Dan kemarin adalah hari terbaik di tahun ini karena Lianty bisa lihat pelangi sejelas itu, double pelangi lagi T^T

Pelangi adalah salah satu dari berjuta bukti kekuasaan tuhan yang paling cantik yang pernah Lianty lihat *_* Semoga lain kali, Lianty bisa berkesempatan melihat pelangi lagi ya :))

Sampai di sini dulu ya postinga Lianty kali ini.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan...
Happy back to school ~! Hehehehe :D

-Lianty Putri-


Tuesday, 11 July 2017

[Blog Challege] Best Physical Feature

Hai sahabat blogger sepermainan~
Akhirnya Lianty bisa posting blog challege lagi...
‘Best Physical Feature’ adalah blog challege yang ke-10.
Kalau diartikan sih artinya adalah ‘Fitur Fisik Terbaik’
Bingung sih sebenarnya mau nulis apa di blog challege yang ke-10 ini.
Habisnya Lianty gak tau apa fitur fisik terbaik milik Lianty.
Soalnya kalau masalah cantik enggaknya yang menilainya kan orang lain T^T.
Menurut pengamatan Lianty sendiri sih... Lianty gak ada cantik-cantiknya :3
Mata sipit, pakai kacamata, kurus, gak tinggi-tinggi amat, jenong.
Terus apa donk yang mau dibanggakan? :v

Tapi karena ini blog challege, Lianty harus bisa nulis tentang fitur fisik terbaik Lianty.
Oke, oke... Lianty bakal tulisin deh :3

Fitur fisik terbaik milik Lianty yang berdasarkan pengamatan Lianty sendiri adalah tubuh.
Kenapa Lianty pilih tubuh?
Ya, karena tubuh Lianty ini anti gemuk kayanya :v

Habisnya, dari dulu Lianty pingin gemuk dan punya pipi tembem.
Setidaknya punya tubuh lebih berisi dari yang sekarang ini biar Lianty gak ‘loyo’ /?/

Lianty banyak makan lho, tapi gak pengaruh sama berat badan :’v
Lianty makan 3 kali sehari sama seperti kalian. 
Kadang bisa 4 kali tergantung lauknya enak atau enggak. 
Belum lagi nyemil roti atau jajanan lainnya. Tapi timbangan Lianty tetap 42kg.
Dengan 42kg ini, Lianty sama sekali gak kelihatan berisi. Pergelangan tangan Lianty kecil banget.
Yang besar cuma paha doank /?LOL/ Hem... Padahal kan Lianty pingin dagingnya pindah ke pipi /?/

Walaupun bagi Lianty, tubuh Lianty ini nyebelin /?/ tapi sama orang lain belum tentu sama kan?
Contohnya aja buat orang-orang gemuk yang pingin kurus atau orang-orang yang gak terlalu gemuk yang harus jaga makan kalau gak mau naik timbangan seperti mamak Lianty sendiri :v

Mamak Lianty pernah bilang “Enaknya lah punya badan kayakmu... gak gemuk-gemuk, mamak aja bernapas jadi daging” Hahahaha...
Jadi dari sini Lianty tahu kalau tubuh Lianty yang nyebelin ini punya keistimewahan juga ternyata :3

Ya setidaknya sekarang Lianty bisa belajar menghargai dan menjaga tubuh Lianty sendiri :)))


-Lianty Putri-


Saturday, 8 July 2017

Cerita Aneh Tentang Kucing Liar Yang Sering Datang ke Halaman Rumahku

Hai sahabat blogger sepermainan~
Tahu gak kalau akhir-akhir ini halaman rumah Lianty sering kotor dan acak-acakan gara-gara ada kucing liar yang suka main di halaman rumah Lianty.

Kucingnya masih anakan sih... Ada sepasang.
Yang satu belang hitam putih dan yang satunya lagi warna oren kecoklatan.


Lianty sebenarnya senang kedua anak kucing ini sering ada di halaman.
Terasa lebih ramai gitu, apalagi waktu liat mereka berdua main-main loncat kesana sini.
Kalau ada lalat langsung aja mereka kejar. Comel deh :D

Tapi... ada kisah aneh dari asal-usul kedua anak kucing ini.

Dulu, juga pernah ada sepasang anak kucing yang suka main di halaman rumah Lianty.
Yang jantan Lianty namai ‘bebeb’, dan yang betina Lianty namai ‘manis’. 

Bebeb yang dulu fotonya pernah Lianty posting di Instagram

Entah sejak kapan si manis hilang, tinggalah si bebeb doank. 
Uniknya, si bebeb ini jadi jinak gara-gara sering Lianty elus-elus dan kasih makan. 
Setiap Lianty panggil “Beb...” dia langsung mengeong dan datang.

Tak terasa waktu berjalan. Si bebeb beranjak dewasa dan berubah menjadi nakal dan suka mencuri ikan di dapur. Kesal deh, akhirnya Lianty gak mau lagi manjain si bebeb ini. Padahal kan Lianty kasih makan, tapi masih aja nyolong /?/ ikan di dapur. Hemzzz...
Di mana ada anak kucing, di situ ada anaknya.
Yah... Lianty tahu kok siapa emaknya si bebeb ini. Tahu banget.

Hari-hari terus berlalu, si bebeb semakin besar dan si manis, Lianty gak tahu rimbanya di mana.
Saat dewasa, kucing akan kawin bukan? Ya, itu hal yang biasa...
Tapi bagi Lianty hal ini jadi bikin kesal karena... setelah dewasa si bebeb bukannya mencari pasangan yang cocok untuknya, dia malah mengawini emaknya sendiri.
Astagfirulloh, untung binatang. Ngelihat bagaimana si bebeb dan emaknya bedua-beduaan sambil mengeong-ngeong manja membuat Lianty merasa jijik. 
Dan akhirnya Lianty gak mau peduli lagi dengan si bebeb ini.

Cittt buncit, yup! Si emak telah mengandung anak dari anaknya sendiri (bebeb). 
Lianty makin elus-elus dada. Gak berapa lama, si emak ini melahirkan sepasang bayi kucing yang miriiiipppp banget seperti waktu dulu si bebeb dan si manis. Mirip banget deh pokoknya! Jenis kelamin dan coraknya juga sama.


Sekarang ini, kedua bayi kucing ini juga Lianty beri nama. Yang jantan (oren) namanya Titi dan yang betina (belang) namanya Toto. Kebalik kan yah? Hahahaha... ya, biarin aja biar aneh /?/ 

Titi dan Toto

Titi



Emak dan Toto


Setelah beberapa hari, si bebeb pun ikut menghilang. Lianty gak pernah melihatnya lagi sampai sekarang ini. Yang Lianty lihat hanya emaknya yang sekaligus istrinya itu saja.

Saat ini, Toto (betina/belang hitam putih) lah yang akrab dengan Lianty. 
Si Titi gak terlalu akrab karena dia jantan, Lianty kapok sama kucing garong. 
Jadi Lianty sering manjain si Toto doank.
Setidaknya waktu mereka masih bayi begini Lianty bisa elus dan main-main sama mereka. 
Gak tahu deh besar nanti mereka bakalan obrak-abrik dapur lagi atau enggak.

Ya... semoga saja enggak.

Yang Lianty bisa simpulkan dari kisah ini adalah, kucing bener-bener gak ada akalnya.
Masa anak kawin sama induknya sendiri? Dan juga kenapa emaknya mau dikawini sama anaknya sendiri? Lianty gak habis fikir kalau ini terjadi pada manusia. Lianty gak selalu yakin kalau manusia tidak akan ada yang bertingkah seperti si kucing ini.
Dulu, teman Lianty pernah cerita pada Lianty tentang insiden bapak dan anak yang saling jatuh cinta. Astagfirulloh, banyak-banyaklah kita beribadah dan menuntut ilmu agar kita dan generasi kita tidak menjadi seperti binatang kedepannya T^T.

Sampai di sini dulu postingan Lianty hari ini.
Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat blogger sepermainan ya~
Amin...

Salam manis,

-Lianty Putri-


Friday, 7 July 2017

Tutorial Membuat Bookmark / Pembatas Buku Anyam Versi 2

Hai sahabat blogger sepermainan~
Hari ini Lianty kepengen posting tutorial bikin bookmark atau pembatas buku lagi nih~!

Sebelumnya sih Lianty pengen bikin bookmark dari clip kertas.
Tapi Lianty fikir-fikir kayanya bikin yang levelnya masih mudah-mudah aja deh dulu ya.
Nanti makin lama barulah Lianty buat yang agak susah...
Agak susah yah... kalau susah banget sih Lianty juga gak bisa buat :V




Oke deh langsung aja kuy~!

Pertama-tama, siapkan dulu alat dan bahan berikut ini:


-Penggaris
-Lem
-Pisau
-Gunting
-Origami/kertas berbagai warna *(warnanya harus yang timbal balik ya)

Ingat ya, untuk origaminya kalian boleh buat warna apa saja, sesuai selera kalian masing-masing tapi... origaminya harus berwarna timbal balik. Gak boleh yang belang, misalnya depannya hijau belakangnya putih. Yang kaya gitu gak boleh yah...

Oke, sekarang kita ke stepnya ya~

1 . Potong origami/ kertas warnamu dengan ukuran lebar 1cm dan panjang sesuai selera kamu menggunakan penggaris dan pisau yang sudah kita siapkan.

Potong sebanyak 4 buah.



2 . Tempel bagian ujungnya menggunakan lem.

Lihat gambar agar lebih jelas :



3 . Timpa bagian yang sudah ditempel dengan kertas yang satunya lagi.

Jangan lupa untuk beri lem juga ya~



4 . Mulai deh lipat sisi-sisinya. Dan terus rekatkan dengan lem.

Seperti pada gambar :




5 . Lakukan terus menerus hingga kertas kamu bersisa tinggal sedikit.

Kalau sudah tidak bisa dilipat lagi, gunting sisanya.



Selesai~!
Mudah kan? Mudah bin simpel :D
Sekarang kamu bisa pakai bookmarknya untuk buku kamu deh ;3


Oh ya, bagian ujungnya yang runcing juga bisa kamu lipat atau kamu gunting menjadi bentuk persegi panjang yah~ Sisanya bisa kalian kreasiakan sendiri ;)

Sampai di sini dulu postingan Lianty kali ini ya~
Sampai jumpa lagi di postingan-postingan tutorial berikutnya dattebasa~!


Salam Kreatif,

-Lianty Putri-