Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Tips serta Trik Mendapatkan Sahabat Pena

Hai sahabat blogger sepermainan~
Sesuai dengan permintaan kalian dan janji Lianty yang lalu :D
Hari ini Lianty baru sempat posting tentang cara,tips serta trik mendapatkan sahabat pena dari dalam maupun luar negeri, Maaf yah T-T #maklumbanyakpr

Sebenarnya caranya gak susah-susah amat kok.

Tapi sebelum kalian memulai cara-cara mendapatkan sapen menurut Lianty ini, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan, dan inilah yang harus kamu siapkan :
1. Handphone/Gadget
2. Kuota/Wi-fi/dsb
3. Akun Instagram

Dan ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan:
1. Rela ngorbanin uangmu buat beli prangko
2. Jangan kesal kalau misalnya suratmu atau surat ‘dia’ tidak sampai karena tidak ada jaminannya kalau kamu kirim pakai prangko :3

Lianty tulis di nomor ke-3 ‘akun instagram’ karena Lianty nyari sapennya dari Instagram. Sebenarnya dari twitter maupun facebook juga bisa, tapi lebih mudah pakai Instagram. Percayalah :3



Cara Mendapatkan Sapen Dari INSTAGRAM

Cara 1 (Cari Sendiri)

Setelah kamu punya akun Instagram.
Coba cari hastag #penpalswanted dari Instagram kamu.
Nah maka kamu akan melihat banyak gambar-gambar surat dan kiriman lainnya, kayak gini nih: 


Gambar-gambar surat yang terdapat di hastag #penpalswanted adalah surat-surat yang didapatkan oleh si pemosting gambar. Biasanya, kalau si pemosting masih menggunakan hastag #penpalswanted berarti ia masih mau mencari sahabat pena.
Coba saja intip akunnya, siapa tahu dia mau jadi sapen kamu. Tapi kamu harus hubungi dia dulu. Kamu bisa comment dulu di salah satu postingannya untuk menanyakan apakah dia masih menerima sapen baru atau tidak. Kalau iya, kamu bisa kirim dia DM(pesan langsung). Jangan lupa seratakan nama, umur, hobi, dan nama negara kamu (jika dia orang luar negri) waktu mengiriminya DM ya...
Contohnya (untuk orang luar negri) :
                “Hello~ My name is Lianty, I’m 15 years old from Indonesia. My hobbies are drawing, reading and writing. Would you want to be my penpal?”

(Kalau sesama Indonesia, tinggal tulis dalam bahasa Indonesia saja :D)

Yup begitulah kira-kira.

Setelah ia menjawab kalau ia 'mau jadi sapenmu', kalian harus bikin kesepakatan untuk masalah ‘siapa yang akan kirim duluan suratnya?’ dalam hal ini biasanya sih lebih bagus kalau kalian berdua sama-sama kirim suratnya untuk pertama kali. Karena ada beberapa kemungkinan buruk yang terjadi kalau hanya salah satu dari kalian yang duluan kirim surat.
1. Kalau kamu yang duluan kirim, mungkin surat kamu gak sampai?
2. Kalau dia yang duluan kirim, mungkin suratnya gk sampai?

Karena hal ini, maka hubungan kalian putus deh :’D. Atau juga terpaksa kalian harus kirim ulang suratnya. Soalnya,Lianty juga sudah pernah ngalamin hal ini :’D
Jadi kalau kalian berdua sama-sama ngirim surat, kalaupun misalnya suratnya gak sampai pasti tetap ada salah satu surat yang sampai, suratnya ataupun suratmu :D jadi hubungan kalian gk akan putus gitu aja :3.

Nah setelah sepakat kalian bisa bertukaran alamat. 
Mintalah alamat lengkapnya dan berikan alamat lengkapmu juga ya.

Format alamat lengkap
(*wajib)
*Nama :
*Nama Jalan :
*Nomor Rumah :
*Nama Kota/Kabupaten :
*Provinsi :
Kecamatan/Kelurahan :
RT/RW :
*Kode Pos :
*Nama Negara :

Kalau kamu ingin bertukar alamat dengan sapen dari luar negeri, gak perlu repot-repot nulis alamat kamu ke bahasa Inggris yah :D, Cukup tulis ‘INDONESIA’-nya aja besar-besar :D sisanya tulis dalam bahasa Indonesia. 
Dan yang paling penting jangan lupa tanyakan kode pos calon sapen kamu yah!
Kalau alamat sapenmu berupa karakter mandarin, jepang, thailand, korea atau sebagainya, cobalah tulis alamatnya dalam bentuk yang sama :) jangan di ubah ke alfabet, tapi kalau nama negaranya wajib alfabet yah! :)



Cara 2 (Buat Postingan)

Setelah punya akun Instagram, coba unggah sebuah gambar menggunakan hastag:

#penpalswanted   #penpalsearch   #lookingforpenpal   #penpals

Tulislah keterangan nama dan biodatamu di gambar atau di captionnya.

Contoh:
“Hello~ My name is Lianty, I’m 15 years old from Indonesia. I’m looking for penpal all over the world^^ My hobbies are drawing,reading,writing and listening music. If you interested please DM me ^^ (silahkan tambah sesuka hati) #penpalwanted #penpalswanted #penpalsearch #lookingforpenpal #penpals”

Nah setelah itu, mungkin ada beberapa orang yang ngirimin kamu DM buat nawarin jadi sapen :)
Langkah selanjutnya sama dengan Cara ke 1, bikin kesepakatan dan berbagi alamat :).



Cara 3 (Send Request)

Tahukah kamu sebenarnya di Instagram itu sangat banyak akun yang menyediakan jasa promote orang-orang yang mencari sapen secara gratis? 
Kekeke~~

Coba kunjungi beberapa akun ini:
@penpals.for.you
@penpals.finder
@findpenpals
@penpalfinders
@pen.pals.wanted

Kirim mereka DM dengan format yang sama seperti cara 2 :
“Hello~ My name is Lianty, I’m 15 years old from Indonesia. I’m looking for penpal all over the world^^ My hobbies are drawing,reading,writing and listening music. If you interested please DM me ^^       (silahkan tambah sesuka hati)”

Setelah itu, mereka akan men-screenshoot pesanmu dan mempostingnya nanti :)
Jadi orang lain bisa tahu kalau kamu juga lagi nyari sapen, gitu... :D



Tips Dan Trik Yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam hal bersapen-sapenan ini ada beberapa Tips dan Trik yang HARUS kamu ketahui dan ingat. Karena hal ini sangat berpengaruh untuk kedepannya nanti lho..

♡Kalau kamu ingin mengirim surat keluar negeri, usahakan kirim bersamaan dengan surat yang ingin kamu kirim kedalam negeri ya... Dengan kata lain, kamu gak boleh hanya punya sapen dari luar negeri saja! Harus ada yang didalam negri juga. Karena beberapa kantor pos ada yang rada-rada miring sedikit gitu -_- /?
Sebenarnya bukan kantor posnya yang miring sih, tapi pegawainya (mereka suka bikin peraturan sendiri dan bilang 'gak bisa ngirim ke luar negeri')

♡Taruh surat sapen dalam negerimu di urutan PALING DEPAN dengan kondisi surat-surat keluar negeri yang lain tertutup si surat dalam negeri ini saat nitipin ke mbaknya.
Setelah kamu selesai menitipkan suratmu pada mbak teller usahakan jangan lama-lama lagi disitu. Langsung kabuuurr jangan sampai si embak menyadari surat-surat yang lain (yang ke luar negeri). Karena pengalaman Lianty sendiri seperti itu. Gegara si mbak teller sadar surat Lianty mau dikirim ke USA eh si mbak gak bolehin suratnya dititip :V katanya ke luar negeri gak bisa pakai perangko lagi :v kan kamvrett, padahal selama ini langgeng langgeng aja ngirim surat ke luar negeri.
Jadi kalau mereka punya modus, mari kita buat modus juga -_-

Ini ada kakak-kakak yang nasibnya sama seperti Lianty :V




♡Usahakan beli perangko dulu. Tempel perangkomu dirumah dan kirimkan di kemudian harinya. Karena kalau disitu kamu beli, disitu kamu tempel, disitu kamu kirim maka.... Si mbak akan menyadari suratmu mau dikirim kemana :V dan pastinya mereka akan mengatur jumlah prangko yang kamu tempel menjadi lebih mahal tarifnya :V 
Ya, maklumilah saja kantor pos dinegara kita ini :V . Hal ini sudah terbukti dari curhatan-curhatan sesama temen-temen yang hobi berkiriman surat -_- mereka bilang dompet mereka berakhir ludes gegara disuruh nambah tarif perangko surat mereka sama mbak tellernya :V

♡Jangan tulis alamatmu diamplopnya. Mau dibelakang, mau didepan. Kalau kamu mau memberi tahu alamatmu, tulis didalam suratnya saja ya.. Cukup tulis namamu saja dibelakang amplopnya biar sapenmu tahu dari siapa surat yang diterimanya nanti. Cukup ada 1 alamat saja diamplop itu dan alamat itu adalah alamat sapenmu, bukan alamatmu. 
Karena apa? Entahlah Lianty sebenarnya gak yakin juga tapi ini pengalaman Lianty sendiri. 
Sudah 2 kali surat yang Lianty kirim balik lagi ke alamat Lianty :V Mungkin pak posnya gk bisa bedain tulisan ‘Dari’ dan ‘Untuk’ kali yah -_-. Dan akhirnya Lianty ribet-ribet ngirim ulang. Bahkan si mbak teller juga bingung kenapa suratnya bisa balik sama Lianty lagi :V 
mbak tanyakan pada pak posnya :V



Tarif kirim surat keluar dan kedalam negeri [Edited]

Nah, pasti banyak yang nanya-nanya kan untuk tarifnya :D
Oke, berdasarkan pengalaman Lianty. Inilah tarif yang Lianty ikuti:

Dalam Negri:
-Satu provinsi (3.000) dengan berat sekitar = amplop + lipatan kertas 3 lembar ukuran buku tulis biasa (bukan kertas folio) (mungkin bisa lebih berat)
-Luar provinsi tapi masih satu pulau (3.000) dengan berat sama seperti diatas (mungkin bisa lebih berat)
-Luar pulau (5.000) dengan berat sama seperti diatas (mungkin bisa lebih berat)
-Luar pulau yang jaraknya jauh, cth: Sumatera ke Kalimantan (6.000) dengan berat sama seperti diatas (mungkin bisa lebih berat)

Luar Negri:
-Benua ASIA (10.000) dengan berat sekitar = amplop + lipatan kertas 2 lembar ukuran buku tulis biasa (bukan kertas folio) + kartu pos + sticker-sticker kecil (lebih berat tarif bertambah)
-Benua AUSTRALIA (10.000) dengan berat sama seperti diatas (lebih berat tarif bertambah)
-Benua AFRIKA (10.000) dengan berat sama seperti diatas (lebih berat tarif bertambah)
-Benua EROPA (10.000) dengan berat sama seperti diatas (lebih berat tarif bertambah)
-Benua AMERIKA (10.000) dengan berat sama seperti diatas (lebih berat tarif bertambah)

Lho lho kok sama semua?? Ya, Lianty selama ini kirim dengan tarif sekian sampai kok :D bahkan sudah balas-balasan :D. TAPI, ini semua berkat trik Lianty yang Lianty tulis sebelumnya tadi :D 
Kalau kamu ketahuan mau ngirim surat keluar negeri sama mbak teller, ada dua kemungkinannya yaitu pertama kamu akan disuruh nambah tarifnya jadi jauh lebih mahall, dan yang kedua surat kamu gak diterima sama teller :V
Jadi ikutilah trik dan tips diatas itu :DDDD 
(Tidak berlaku lagi untuk sekarang)

Atau lebih jelasnya, bisa di lihat di tabel ini ya temen-temen ^^


Oke akhirnya selesai juga ini postingan :D
Feel free to ask kalau masih ada yang belum dimengerti dan yang merasa ngeganjal atau ngegantung. Silahkan tanya aja :) jangan malu-malu. Insyaallah Lianty akan jawab pelan-pelan.

Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya :D
Kalau ada salah kata atau kekurangan harap maklum ya...

Salam Pena, Lianty Putri <3



46 komentar:

  1. HAHAHAA. Kejadiannya sama. malah waktu itu saya ngirim ke kabupaten tetangga malah disuruh bayar 10000 per suratnya. padahal aku ngirim ke 3 kabupaten berbeda. ke luar negeri disuruh bayar 25000 - 30000 per suratnya dan itu pake perangko. tapi setelah kejadian itu aku kirim email ke Pos Indonesia. alhasil seminggu kemudian Kepala Kantor Pos Cabang samperin rumah saya dan meminta kejelasan. dan ternyata ada kekeliruan. pegawai disana membuat harga sendiri untuk pengiriman menggunakan perangko mengatasnamakan KP Cabang yang padahal harga kirim surat ditentukan dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 29 Tahun 2013.
    Btw, coba cek deh ke peraturan menteri itu. soalnya harga ke luar negeri lianty beda. apalagi ke amerika. itu 10000 buat berat 20gr tuh.
    Salam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga... kabupaten tetangga bayar semahal itu? -_-" Iya, waktu itu saya pernah mention twitternya pos Indonesia, tapi tanggapannya sama sekali tidak seperti yang diharapkan. Tarif yang mereka bilang adalah 25rb - 30rb juga. Jadi karena frustasi gak tahu harus sama siapa lagi mengadu. Akhirnya saya modal nekad saja :3 Sampai sekarang semuanya lancar-lancar saja :D Terima kasih untuk informasinya ya~~ sangat membantu~

      -salam-

      Hapus
  2. hahaha... bisa-bisanya aja kak lianty kabur. Kalau mbak tellernya baca postingan ini gimana?
    btw, makasih ya, postingannya. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... salahin mbak tellernya tuh :"3 Kalau mbak tellernya baca paling mbaknya geleng-geleng kepala /?/ Hehehe... ya, sama-sama. Semoga membantu ya ;)

      Hapus
  3. Hmm....min...gamudeng cara ngirim surat ke luar negerinya:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm... gamudeng bagian yang mana nih? Silahkan tanya-tanya :))))

      Hapus
  4. Kak, surat kakak sudah sampai, aku udah balas tp gak tau udah sampai atau belum. Suratnya udah kukirim dari bulan maret lalu. -Izza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Izza... Kakak sudah balas suratmu, tapi mungkin belum sampai... kita tunggu saja ya^^

      Hapus
  5. Halo kak! Mau tanya dong! Waktu itu aku mau kirim surat ke london, tapi petugas posnya bilang udah gak ada sistem prangko lagi, bener gak sih kak?
    Terus dia bilang suratnya dihitung beratnya, trus semua surat dibawah 1 g dianggap 1 g, aku di suruh bayar sampai 270 rb?
    Jadi bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai vidya~ apa yg dibilang sama tukang posnya itu adalah KEBOHONGAN BESAR.

      Kakak juga pernah mendapat kasus yg sama. Bahkan cs yg dikantor pos langsung yg bilang sama kakak. Mereka kayak sok gimana gitu... kesel banget...

      Mangkanya seperti yg kakak jelaskan. Kalau bisa, tellernya jangan tahu kalau kamu kirim surat ke luar negeri. Kamu harus pandai2 nyelinapkan surat kamu itu. Kalau waktu beli prangko kamu ditanya mau kirim kemana, jgn kamu bilang mau kirim ke luar negeri. Langsung deh tellernya ngoceh yg gk bener.

      Kalau sudah gini sih susah... mereka bakal larang kamu buat kirim pakai prangko. Sama seperti kakak.

      Waktu itu ayah kakak yg mau bayar cicilan motor di kantor pos nanya sama tellernya. "Mbak. Gk boleh kirim surat ke luar negeri pakai prangko lagi ya?" Terus mbaknya dengan ramah menjawab. "Boleh kok pak" dan lebih parahnya lagi, dia ngeprintkan tarif perangkonya.

      Aneh kan ya? Jadi intinya, lebih baik kamu didampingi sama orang dewasa yg mukanya kelihatan serem gitu. Biar mereka takut.(ayah kakak mukanya serem)

      Hapus
  6. Kak aku mau nanya" tentang cara kirim surat ke kantor pos aku masih ga ngerti soalnya mau nyobain snail penpal sama temen korea tp ak gangerti:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sayang... Cara ngirim ke kantor posnya gampang kok... Yang penting kamu sediain prangko yg cukup. Untuk tarif prangkonya bisa di cari di gugel, ada tabel tarif di sana. Yg penting jangan terlalu berat karena semakin berat maka semakin mahal harga perangko yg harus di tempel.

      Setelah itu kamu tinggal titipin ke teller di kantor posnya ^_<

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo~~ kalau manya tanya-tanya tarif.. postingan ini sudah saya edit ya... biar lebih jelas untuk temen-temen semuanya ^^

      Hapus
  9. kak, cara kirim ke luar negeri. misalnya ke ono eriko. ngomong2 tampilan tema kakak bagus. nanti kasih tutorialnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woahhh mau ngirim surat ke ibu ono ya? Kalau menurut kakak sih... Alamatnya harus yg jelas, maksud kakak alamatnya harus yang Jepang. Bukan yang bahasa Indonesia seperti di komik komik Miiko. Mungkin Azira bisa cari alamat bahasa jepangnga di google. Selebihnya tinggal ikuti cara di atas aja :))

      Hapus
  10. Hahaha bener banget masa aku dikasih tarif 20ribu? Ngerasa ketipu pake banget. Untung sekarang sudah dapat pencerahan. Kalo aku sih karena di depan kantor pos ada boks gede dari semen jadi suratnya aku masukin situ. Takut ditanyai mbak2nya soalnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Beberapa kantor pos suka rusuh naikin tarif, padahal mereka gak tahu TvT Tapi sok tahu/?/

      Sekarang Lianty sudah gabung di komunitas di facebook, jadi kalau ada kejadian kaya gitu lagi, bisa dilaporin :D

      Hapus
  11. Itu ngirimnya gimana sih? Ke tellernya atau ke gudang lalu sistem beli perangkonya, masih ga ngerti saya, balas kesini dong rickyfernando19522@gmail.com

    BalasHapus
  12. Makasih ya blognya membantu bgt. selama ini saya kasih alamat saya di amplop ga masalah kok. saya punya penpal di amerika selalu sy kirim pakai surat terlacak(sekitar 50 ribuan) per surat, itu di kantor pos besar. nyampai sekitar 3 minggu (pakai jalur laut soalnya). lalu pas saya pindah ke kantor pos yg kecil, dikasi tau mbaknya kalo bisa pake prangkor (sekitar 15 ribu) tapi ga terlacak. saya coba, tapi saya kok skeptis bisa sampai, soalnya udah berbulan-bulan belum ada balasan hahaha. saya mikirnya pos yang terlacak aja bisa 3 mingguan, apalagi yg nggak terlacak, bisa berapa bulan tuh

    BalasHapus
  13. Lanjutkan bakat menulisnya.....! Jadikan menulis itu hobi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heeee... Ada bapak :'3

      Iya pak... Makasih ya ^•^

      Hapus
  14. Kak, kalo mau ngirim surat ke luar negeri boleh ngirim koin gak kak? Soalnya takut gaboleh gitu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya gak boleh dek... Tapi ada triknya untuk bisa ngirim itu. Nanti kamu siapkan aja kardus 2 lapis, trus kamu lubangi sebesar dan setebal ukuran koinnya, kamu selipin koinnya di lubang itu. jadi sewaktu dipegang tidak terasa koinnya.

      Hapus
  15. Kak klo ngirim surat dikasi bingkisan misal satu bungkus permen namanya paket ya kak? Soalnya pegawai kantor pos nya bilang gitu dan harganya nyampe 100k lebih, kan aku bisa bokek kak cuman gara gara 1 bungkus permenT_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Iya dek... Kalau udah permen dan bingkisan lainnya sudah dikategorikan paket. Tapi tergantung beratnya juga sih dek... Ada memang kantor pos yang begitu, termasuk kantor pos kakak. Jadi susah kalau mau berkirim.

      Hapus
  16. Kak mau tanya nih. Kan aku pengen ngririm surat ke temenku di Yokohama. Jadi aku cuma beli perangko doang, terus suratnya di titipin ke kantor pos?? Atau gimana? Nanti ngomong sama petugasnya gimana? Belom pernah ngirim surat soalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah kamu beli perangko sesuai tarif nanti ditempelin di suratnya ya... Di depan surat sebelah pojok kanan atas.

      Terus kasih ke teller di kantor posnya sambil bilang "kak ini titip ya..." kalau kakak sih begitu dek :3

      Hapus
    2. Bilang bayarnya gimana kak?

      Hapus
    3. Hem?? Bayar apanya dek? Cukup bilang beli perangko aja kok

      Hapus
  17. pengen punya dan masih cari-cari penpals, tapi masih bingung cara kirim surat lewat pos....

    BalasHapus
  18. Tarif perangkonya masih berlaku sampai 2019 kah? Dan kalo mau kirim surat pake perangko cukup kasih surat2nya ke mbak2nya lalu bilang "Mbak, tolong surat2 saya ya." Terus capcus pergi gitu?? Tolong pencerahannya ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Selama ini belum ada perubahan.

      Iya... Gitu doank kok... :D

      Hapus
  19. Ada yang mau jadi penpal aku gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dong... kamu bisa dm aku di Insta @fafa_thia ;)

      Hapus
  20. Hai mba lianty,,salam kenal ya,, beruntung deh Nemu blog kamu,,,saya baru pengen gabung nih,,mau ikutan cari penpal,,tapi saya udh ibu rumah tangga :D,dari dulu hobi banget nulis,jamannya dulu sklh jg suka surat²an sama temen,,adakah yg mau jadi penpal saya? Biasanya apa aja sih yg di kirim selain surat yg berupa tulisan tangan kita?semoga ada yg bisa bantu saya ya,,biar bisa ikutan penpal hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak... Salam kenal juga ya... Kalau Lianty biasanya mengirim karya gambar Lianty atau sekedar stiker2 kecil ke dalam amplop yg berisi suratnya. Kadang Lianty juga memberikan notes2 imut. Lianty merasa senang jika mendapatkan surat seperti itu. Jadi mungkin penpal2 Lianty juga senang :D

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Hallo, Kak. Terima kasih udah berbagi tips tentang berkirim surat. Rencananya saya mau kirim surat ke Amerika, tapi ini pertama kalinya untuk saya. Apa kakak beli perangko di kantor pos kak? Saya berniat beli perangko di online store tapi khawatir tidak bisa digunakan. Terima kasih sebelumnya, kak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo... iya saran saya lebih baik beli perangkonya langsung ke kantor pos karena ada beberapa kantor pos yg punya kebijakan berbeda. Selamat bersuratan ya kamu~~

      Hapus
  23. Halo kak Lianty, salam kenal🤗
    Aku baru terjun di dunia surat-suratan, nih... makasih ya info-infonya😁 barangkali ada yg mau jadi penpal aku... boleh banget kok! DM ke ig @feenzrhnds aja😉

    BalasHapus
  24. Halo, Kak Lianty

    Aku mau tanya dong. Aku udah kirim surat keluar negri 2 kali tapi gagal. Surat pertama itu aku pake perangko. Aku beli perangkonya di Kantor pos dan harga lumayan banget. Mbaknya juga bilang kalo pake perangko itu ga bisa dilacak. Dari tahun 2018 sampai sekarang suratnya ga sampai2. Surat yang kedua itu dibalikin ke rumah dengan kondisi surat yang cacat kak. Alamat teman aku enggak ada dan stiker2nya copot. Mungkin surat2 kena benturan keras ya pas di perjalanan. Surat kedua ini bisa dilacak dan dan aku ga pakai perangko. Untuk harga, satu surat Rp. 150 ribuan kak. Aku bingung padahal surat2 aku isinya sedikit. Aku jd berhenti karna aku pikir kok mahal banget dan susah diperjalanannya. Boleh pencerahannya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sahabat blogger. benar jika surat pakai perangko tidak bisa dilacak jadi kita tidak tahu keberadaannya. surat hilang dan kembali ke alamat pengirim itu hal yang biasa. di sana lah letak kekurangan surat perangko alias surat jaman dulu ini. jadi jangan sedih dan tetap penpalling sampai surat kamu sampai ya! ^^

      Hapus
  25. halo, mau tny, sekarang kalau kirim surat keluar negri apa masih bisa pakai perangko? soalnya saya dm ke akun pos indonesia, klo kirim ke swedia kena 100rb, ke filipin lbh mahal lagi malah kena 200rb. tekor aku... hiks

    BalasHapus

Thank you for leaving a comment ^^