Kamis, 24 September 2020

Diary of Belajar Bahasa Jepang (Plus Tips Untuk Pemula)

Hai sahabat blogger sepermainan~ Hari ini Lianty mau cerita-cerita tentang Lianty yang mencoba belajar bahasa Jepang nih ^^. Plus cara-cara belajar yang mungkin juga bisa jadi tips bagi sahabat blogger yang berniat mempelajari bahasa Jepang tapi tidak tahu harus mulai dari mana.
 
Kalau dihitung-hitung, mungkin sudah ada sekitar tiga bulan lamanya Lianty belajar bahasa Jepang. Namun tidak rutin dan tidak tentu. Lianty hanya belajar disaat mood Lianty sedang baik. Kadang jika merasa bosan, Lianty kembali belajar bahasa Inggris dan melakukan kegiatan lain. Tapi walau demikian, Lianty tetap berlatih membaca hiragana-katakana dari postingan-postingan yang lewat di timeline twitter setiap harinya.


Alasan belajar bahasa Jepang

Sebenarnya Lianty tidak punya alasan khusus. Waktu itu Lianty hanya merasa bosan karena tidak punya kegiatan selama pandemi dan Lianty pun memutuskan untuk mempelajari bahasa asing selain bahasa Inggris. Dan akhirnya Lianty memilih bahasa Jepang karena bahasa inilah yang paling dekat nomor dua dalam kehidupan Lianty mengingat Lianty suka menonton 'anime' dan 'jmovie'. Kemudian dari sana muncul lah alasan-alasan lain yang menguatkan niat Lianty, seperti ingin mengerti arti dari lagu-lagu Jepang yang sering Lianty dengarkan tanpa melihat terjemahannya, ingin bisa membaca manga Jepang tanpa menunggu lama translatornya, hingga ingin bisa berbicara dalam bahasa Jepang.

Jujur selama tiga bulan (tidak penuh) belajar bahasa Jepang, Lianty belum bisa berbicara. Namun Lianty dapat mengerti 70% anime/jmovie tanpa melihat subtitlenya dan dapat mengerti 40% manga berbahasa Jepang yang belum diterjemahkan (tergantung genre dan istilah-istilah asing dalam manganya)
 

Caraku belajar bahasa Jepang

Lianty pertama kali menghapal hiragana dan katakana menggunakan aplikasi duolingo yang dapat diunduh secara bebas di playstore:

 
Karena konsep belajarnya seperti kuis dan main game, Lianty jadi lebih mudah mengingat hiragana-katakana berkat aplikasi duolingo ini, dari pada mencoba menulis berkali-kali di buku sampai ingat. Setelah berhasil menghapal bentuk karakternya, barulah Lianty coba menuliskannya. 
 
Hanya memakan waktu 3 hari bagi Lianty untuk menghapal hiragana. Namun Lianty memerlukan waktu satu minggu untuk menghapal katakana karena huruf-huruf hiragana yang telah melekat dikepala Lianty sehingga agak sulit untuk memasukkan karakter-karakter baru.
 
Setelah berhasil menghapal hiragana maupun katakana, Lianty selalu meminta bantuan teman Lianty untuk mengetes kemampuan daya ingat Lianty terhadap karakter hiragana-katakana dengan cara ujian. Teman Lianty akan mencari tulisan hiragana-katakana beserta romajinya di mesin pencari dan mengejanya. Selanjutnya Lianty lah yang harus menuliskan hiragana-katakana dari kata yang dieja oleh teman Lianty.

Lembar tes hiragana
 


Kemudian setelah berhasil menghapal seluruh karakter hiragana-katakana, Lianty menempelkan kertas semacam ini di dinding dekat tempat tidur Lianty. Lianty menempelkan ini di dinding kamar rumah dan kamar kosan. Gunanya adalah agar selalu terlihat sebelum tidur dan menghindari lupa. 


 
Naik satu tingkat, saatnya kita mulai belajar tata bahasa. Banyak sekali macam buku pembelajaran bahasa Jepang yang bisa sahabat blogger temukan di online shop. Di sini Lianty menggunakan buku Minna No Nihongo karena buku ini cukup populer dan banyak pemakainya. Lianty juga banyak mendengar jika buku ini bagus dan cukup membantu. Untuk dua buku N5 dibelakang foto tersebut belum Lianty gunakan sama sekali, tapi mungkin akan segera Lianty pakai.

Kemudian tak sampai di situ. Lianty juga berusaha mencari channel youtube yang dapat membantu pembelajaran Lianty. Jadi semacam tutor online gratis. 
Dan dua channel youtube ini adalah favorit Lianty :
 
Nihongoal : (Jika sahabat blogger belajar menggunakan buku Minna no Nihongo, channel ini sangat membantu karena materinya sesuai dengan isi buku tersebut.)
 

 

Sambon Juku : Channel ini dikelola oleh native speaker Jepang. Materinya beragam dan sangat membantu sekali. Cocok untuk sahabat blogger yang ingin terbiasa mendengarkan orang berbahasa Jepang langsung.



Dan yang paling penting, jangan lupa untuk mencatat apa yang telah sahabat blogger pelajari ^^

 
catatan Lianty


Selain mencatat, Lianty juga menghapal beberapa kosakata baru yang terdapat dalam buku Minna No Nihongo. Lianty tuliskan dalam lembaran-lembaran kecil kemudian disatukan menjadi sebuah flashcard. Lianty baru pertama kali mencoba metode seperti ini dan ternyata jauh lebih efektif dari pada harus menghapal kosakata yang kita tulis di catatan.
 
 
Cara membuatnya cukup dengan mengunting kertas hingga berukuran kecil sebanyak yang diperlukan. Tulis kosakata bahasa Jepangnya di bagian depan dan tulis artinya di bagian belakang. Lubangi dan kemudian sematkan dalam ring atau benda apa pun yang berbentuk bulat. Di sini Lianty menggunakan ring bekas gantungan kunci.
 
 
Tetap belajar walau bosan
 
Saat bosan belajar menggunakan buku pelajaran atau menonton video di youtube, Lianty biasanya belajar dengan tiga cara menyenangkan ini :

1. Membaca komik berbahasa Jepang (Manga)

 
Lianty memanfaatkan manga dan light novel berbahasa Jepang yang Lianty punya untuk belajar disaat bosan. Jujur Lianty lebih senang membaca manga dari pada light novel karena bergambar dan lebih mudah dimengerti. Hahahaha... Tata bahasa manga juga lebih sederhana dan mudah dipahami karena memuat banyak ilustrasi. Cocok untuk pemula. Sedangkan light novel lebih cocok untuk level menengah ke atas.

 
 
2. Mendengarkan lagu di spotify


Sekarang aplikasi spotify sudah menyediakan lirik disetiap lagunya. Lianty sering mendengarkan lagu Jepang sembari mengikuti liriknya di sana. Lebih mantap lagi jika kita sudah hapal lirik lagunya dari awal, jadi langsung bisa tahu cara membaca karakter-karakter kanji yang terdapat dalam lirik lagu tersebut.


3. Menonton J-Movie

Menonton adalah metode yang sangat efektif bagi Lianty dan mungkin juga bagi sahabat blogger. Tapi... Lianty sarankan untuk tidak memilih anime sebagai tontonan kalian jika ingin belajar bahasa Jepang. Pilihlah Jdorama atau Jmovie. Kenapa? Entahlah, Lianty juga tidak bisa menjelaskannya, tapi efek yang Lianty rasakan saat menonton anime dan jmovie sangat jelas berbeda. Lianty jauh lebih mengerti bahasa yang diucapkan oleh aktor-aktor Jepang dalam jmovie dan jdrama dari pada karakter-karakter dalam anime. 

Tebakan Lianty mungkin karena nada, logat, dan kosakata yang berbeda. Apalagi jika animenya bergenre aksi dan fantasi, mungkin sahabat blogger akan banyak mendengar istilah-istilah asing yang sebenarnya tidak terlalu berguna dalam pembelajaran sahabat blogger. 

Maka carilah jmovie atau jdorama yang sahabat blogger suka. Tonton dan rewatch. Tonton pertama menggunakan subtitle kemudian rewatch tanpa subtitle. Lianty jamin pasti banyak kosakata dan frasa baru yang akan sahabat blogger ingat ;)

Untuk mencari list jmovie/dorama yang sesuai dengan genre sahabat blogger, bisa mampir ke situs mydramalist untuk melihat reviewnya juga.
 .
 .
 
Yap, sampai di sini dulu cerita Lianty hari ini. Semoga bermanfaat untuk sahabat blogger dan sampai jumpa ^^
 
-Lianty Putri- 
 

13 komentar:

  1. yosshh, 70% bisa mengerti nonton anime tanpa subtitle, sugoidesu >_<

    BalasHapus
  2. aku malah salah fokus tulisan tangan kakak, rapi bgt, huhu😭

    BalasHapus
  3. Hai Lianty, jadi ingat zaman kuliah kakak dulu, deh. Itu mata kuliah pilihan, bisa diambil utk melengkapi SKS. Kk dulu belajar Jepang dgn latihan Hiragana, menggambar buku catatan hingga bikin kosa kata. Paling suka Hiragana, krn kakak suka menulis jugaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihhh asyik banget bisa belajar basjep di lembaga resmi ya kak... Pengen juga deh ><

      Hapus
  4. Haloo Lianty, wah sama banget nih selama pandemi ini aku juga ikut kursus online bahasa Jepang. Sebelumya aku pernah dapat pelajarannya waktu SMA tapi sekarang udah menguap ilmunya. kamu termasuk fast learner yaa sugoi desu ne.
    Salam kenal yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Monika salam kenal juga...
      Lianty kurang yakin kak... mungkin karena lianty sudah terbiasa dengan basjep ya (?) sering nonton anime sih, hehehe
      Woah sama-sama belajar ya kita ya kak >< Semangat~!

      Hapus
  5. WKWKWKWK... Mau juga >< lumayan nonton event seiyuu gak nunggu sub xixixi

    BalasHapus
  6. waaaa keren banget kak lianty!! aku juga selama pendemi lagi belajar ulang bahasa jepang.. oiya semangat terus ya belajarnya kakk! ^^
    btw kakak ada recomendasi lagu jepang nggak? mau listnya dong kakk:)))

    BalasHapus
  7. Kami menjual dan menyewakan backdrop dengan harga terjangkau dan kualitas yang terbaik.
    Backdrop ini biasa digunakan untuk acara seminar, pameran, photobooth, dan lain-lain.
    Tersedia ukuran 2x2, 2x3, 3x3, dst.

    Selain itu, kami juga menjual dan menyewakan sekat ruangan, ticket box, booth portable, dan masih banyak lagi.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi telp/wa 081112520806
    Office:' Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    BalasHapus
  8. Tidak bisa dipungkiri Minna no Nihongo sangat terkenal dan paling sering digunakan di Indonesia ya.

    BalasHapus
  9. CV . BAHAGIA SUKSES MAKMUR – Huruf Timbul Tangerang
    Ruko Cendana Raya 15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang
    HP / WA : 0819-7700-0899 / 0817-7900-0899 / 0811-1252-0804
    SENIN s/d SABTU BUKA JAM 08.00 s/d JAM 17.00 WIB
    MINGGU / HARI BESAR DENGAN PERJANJIAN
    https://huruftimbultangerang11.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100086594253593
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100095181162294
    https://twitter.com/huruftimbul_
    https://id.pinterest.com/pembuatanhuruftimbul/
    https://www.instagram.com/huruftimbultangerang11/?hl=id
    https://www.jualo.com/account
    https://www.olx.co.id/myads
    https://wordpress.com/home/juraganhuruftimbultgr.wordpress.com 
    #huruftimbul #jasahuruftimbul #jasaneonbox #jasahuruftimbulakrilik #jasahuruftimbulgalvanil #jasahuruftimbulstainless #jasahuruftimbulkuningan 
    #huruftimbul #huruftimbuljakarta #huruftimbultangerang #huruftimbulmurah #huruftimbulled #huruftimbulgalvanis #huruftimbulakrilik #huruftimbulstainless #advertising #paylonsign #totemsign #neonbox #billboard #jasahuruftimbul #pemasanganhuruftimbul #pembuatanhuruftimbul
    huruf timbulstainless bandung | huruf timbul stainless jakarta | huruf timbul stainless led| huruf timbul stainless surabaya | huruf timbul stainless jogja | huruf timbulstainless medan | huruf timbul stainless makassar | huruf timbul stainlessbekasi | huruf timbul stainless steel | bikin huruf timbul acrylic stainless |harga huruf timbul stainless bekasi | bikin huruf timbul stainless | buat huruftimbul stainless | bahan huruf timbul stainless | cara buat huruf timbulstainless | cara bikin huruf timbul stainless | huruf timbul stainless cirebon| harga huruf timbul stainless per cm | contoh huruf timbul stainless | caramemasang huruf timbul stainless | cara pasang huruf timbul stainless | caramembuat huruf timbul stainless | cara membuat huruf timbul stainless steel |huruf timbul stainless di tangerang | cara memasang huruf timbul stainless ditembok | cara membuat huruf timbul dari stainless | daftar harga huruf timbulstainless | harga huruf timbul stainless | harga huruf timbul stainless 2021 |harga huruf timbul stainless bandung

    BalasHapus

Thank you for leaving a comment ^^