Thursday, 14 December 2017

Cintai Rupiah Seperti Kamu Mencintai Doi (Cinta Rupiah)

Sumber Gambar : Google
Hai sahabat blogger sepermainan~

Sebagai seorang remaja SMA tingkat kedua, Lianty akan ngebahas tentang kebiasaan remaja terhadap rupiah. Yup~! Lianty hanya ngebahas tentang kebiasaan remajanya aja nih.
Karena yang sangat mengenal diri kita adalah kita sendiri dan yang sangat mengenal remaja adalah remaja itu sendiri :)

Sebagai seorang remaja, tak jarang kita memperlakukan rupiah dengan cara yang tidak pantas.
Apa contoh perlakuan yang tidak pantas itu?

Tidak lain tidak bukan adalah mencoret-coret uang.
Hayoooo? Siapa di sini yang sering mencoret-coret uang? Mengaku~!

Apa yang biasanya kamu tulis dan coret di uang? Coba kamu fikir ulang.
Apakah itu nomor hp? Berharap seseorang menelepon atau mengirim sms? 
Atau apakah itu username akun sosmed? Berharap seseorang memfollow atau meng-add mu sebagai teman?
Atau apakah itu contekan? Berharap sewaktu ujian kamu bisa melakukan kecurangan tanpa dicurigai oleh guru karena kamu hanya berpura-pura memegang dan menghitung uang?
Atau juga apakah itu hanya gambar-gambar aneh yang kamu coret di foto pahlawan kita?
Iya... Di foto pahlawan pejuang kita? Hanya untuk kesenangan dan keisengan belaka?
Mencoret uang dan mengubah gambar pahlawan menjadi gambar tokoh-tokoh fiksi?
Memangnya tokoh fiksi itu pahlawan yang sudah menyelamatkan Indonesia ya :'D ?

Think again!
Coba bayangkan bila setiap remaja sekolahan berfikiran sama dan mencoret uang dengan nomor hp, akun sosmed ataupun contekan mereka.
Bagaimana nasib rupiah yang kita coret?
Berapa banyak uang yang menjadi tak layak edar setiap harinya?
Bagaimana jika nilai tukar rupiah menjadi lebih rendah?
Tahukah kamu kalau mencoret rupiah termasuk dalam pelanggaran undang-undang?.
Kalau ketahuan kamu bisa dihukum berat lho... Hayoyo...

Sebagai seorang remaja, tentu kita bisa mengapresiasi negara kita, Indonesia.
Salah satu caranya adalah dengan mencintai rupiah kita :)
Hal seperti tidak mencoret-coret rupiah adalah salah satu bentuk apresiasi kita kepada rupiah :)

Untuk kita, kamu dan teman-teman lainnya...
Mulai sekarang berhentilah mencoret-coret uang. Memperlakukan rupiah dengan perilaku kasar. Masa si doi aja yang kamu cintai? Rupiah juga harus kamu cintai donk~! Umpamakan kalau si doi itu adalah rupiah. Masa iya kamu tega ngeliat si doi di coret-coret -_- Atau umpamakan kalau foto pahlawan di rupiah itu adalah foto orang tuamu. Rela kalau orang tuamu dilecehkan?
Enggak kan?

Rupiah adalah mata uang negara kita. Kalau kamu cinta dan menghargai rupiah, 
secara tidak langsung kamu telah menjaga martabat Indonesia kita ^_^

Satu tindakan kecil bisa berarti besar untuk masa depan negara kita :))

.
.
.
-Lianty Putri-


Reaksi:

2 comments:

  1. Uwahh.. baru tahu ada yang dicoretin contekan, apakah itu Kak Lianty>? wkwkwk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan daku dek... Suwer deh :'3 hanya seseorang yg kukenal :*

      Delete

Thank's for left your coment^^