Tuesday, 28 November 2017

Kisah Suka Duka Praktikum Peluncuran Roket Air XI IPA 2 | Ir. H. Djuanda

Hai sahabat blogger sepermainan~
Akhirnya hari ini Lianty bisa ngeblog lagi di tengah-tengah tugas ngetik laporan praktikum yang gak siap-siap. Beneran deh~! laporan praktikum yang mau Lianty tulis itu banyak banget.
Doa'in cepat siap ya sahabat blogger, biar Lianty bisa ngepost postingan lain selain 'diary' doank :v

Beberapa minggu yang lalu, kelas Lianty mendapatkan tugas praktikum fisika membuat roket air serta peluncurnya dari guru fisika kami Pak Edu, yang sering nge-live di Instagram :v.
#Teacher-jaman_now. Wkwkwkwk...
Pak Edu memberi kami jangka waktu yang cukup panjang untuk menyiapkan alat-alat dan bahan-bahan praktikum ini. Jadi kami tidak terlalu mendadak dan bisa menyiapkan hal-hal untuk praktikum dengan matang.

Kerja kelompok pun di mulai dari sini. Kelompok di kelas Lianty dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan daftar piket. Lianty piket hari Jumat, dan teman-teman sekelompok Lianty adalah
Tony, Gilang, Yohan, Putri Widya dan Putri Indriani.

6 kelompok ini dibagi lagi menjadi dua bagian. Kelompok senin, selasa, rabu adalah tim roket dengan sudut 60 derajat. Sedangkan kelompok kamis, jumat, sabtu adalah tim roket dengan sudut 90 derajat.

bahan-bahan utama pembutan peluncur

Proses pembuatan peluncur :








yeayy akhirnya selesai juga T^T

Day - 1 (Hari percobaan) 

Hari percobaan tiba. Hari ini teman-teman Lianty membawa peluncur serta roket air mereka untuk percobaan peluncuran sebelum hari H. Yup~! hari ini Lianty dan teman-teman sekolah lainnya hanya mencoba hasil kerja kami saja. Jika ada yang salah maka masih bisa kami perbaiki.

punya teman-teman Lianty (belum semua)


Oke, saatnya ke lapangan~! (^0^)9


antusias sist :3

kesibukan kelompok lain

kerja-kerja~!


"Apa liat-liat?!" :v

nyiram masih aja kalem :v


Ternyata praktikum kali ini perlu perjuangan yang plus plus :v karena hari pertama ini Lianty dan teman-teman Lianty basah kuyup :v Waktu roketnya meluncur, air akan keluar dari ujung roket dan air itulah yang nyiprat kemana-mana :v Dan parahnya lagi, Lianty lah yang paling basah :3
Yang takut air mendingan ngumpet dibawah pohon melinjo aja deh :3 (di daerah praktik ada pohon melinjo)
Setelah percobaan selesai. Hari H pun ditentukan dengan cara adu suit.
Ternyata yang menang adalah perwakilan tim 90 derajat, maka hari selanjutnya yang akan tampil adalah tim 90 derajat sedangka tim 60 derajat jadi tim penamatan.

Day - 2 (Hari H 90 derajat)

Semua tim 90 (kamis, jumat dan sabtu) telah mempersiapkan segalanya dengan matang termasuk kelompok Lianty. Tapi ya...
Kelompok Lianty jadi kelompok dengan hasil terendah dari 2 kelompok lainnya.


T^T Kami gak tahu pasti kesalahannya di mana.
Tapi ya apa boleh buat deh, yang penting kita hepi, yang penting kita sudah berusaha (^0^)9

Tim pengamat a.k.a tim penilaian adalah keompok piket hari senin, selasa dan rabu.

Hari kedua ini gak ada dokumentasi yang berharga karena tukang ngedokumentasinya lagi praktik :v
(dibaca : Lianty) Wkwkwkwk...
ya, Lianty sering jadi tukang foto kalau ada kerja kelompok kaya gini :V

Okelah,Kita langsung masuk ke hari selanjutnya aja ya~! ^^


Day - 3 (Hari H 60 derajat)

Hari ini adalah hari paling seru dari hari-hari sebelumnya.
Mungkin karena ini hari terakhir, jadi semua anggota kelompok antusias >_<

Kelompok 60 (senin, selasa dan rabu) pun akan mulai mempraktikan roket air mereka hari ini.
dan kami, kelompok kamis, jumat dan sabtu jadi tim penilaian ><
Yeahhhhh......!!!



persiapan

pohon melinjo yang Lianty omongin

melinjonya ^^

area yang akan dilewati roket tim 60 derajat
Ini Lianty punya video hari ketiga full version. Gak kayak video sebelum-sebelumnnya yang durasinya cuman hitungan detik :3 Video kali ini durasinya sekitar 12 menitan :D


Setelah video itu Lianty upload dan copy'in linknya ke grup chat kelas Lianty,
seketika viewersnya langsung nambah :v  dan seketika jadi trending topik di kelas :'D
Wkwkwkwkwk....

Di video itu, Lianty dan teman-teman Lianty dari tim penilaian ada menyebutkan kalau kelompok 1 gagal dan nilainya adalah nol. Itu gak bener ya sahabat blogger~ Setelah kejadian itu, ternyata pak Edu bilang kalau nilai yang gagal adalah 80 bukan nol. Jadi bagi kelompok 1 jangan khawatir tentang nilai kalian yang nol ya... dan maafkan Lianty serta teman-teman tim penilaian yang lain karena udah rempong bilang kalau nilai kalian nol :3 *salahin pak gurunya juga, pak edu gaje nih.

Ya, Kelompok 1 dari tim 60 derajat gagal dalam percobaan menerbangkan roket mereka karena tempat untuk memompanya mampet/?/ Mungkin kena lem dari dalam kali ya...? jadi waktu kering ketutup lubang anginnya... Tapi gak papa kelompok 1 ~! Yang penting kalian sudah berusaha~!

Untuk semua kelompok dari piket senin sampai sabtu, tak apa jika ada yang gagal atau tak sesuai dengan kemauan kita... yang penting kita sudah berusaha mendapatkan yang terbaik.
Dalam praktikum ini bukan nilai lah yang kita kejar. Tapi kita mengejar ilmu, ilmu fisika, ilmu membuat roket air, ilmu meluncurkan roket air. Dan juga jangan lupakan salah satu hal yang penting yaitu meningkatnya solidaritas ;)) Semangat untuk semuanya~!!


The writer of this absurd diary

-Lianty Putri-

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thank's for left your coment^^