Sunday, 16 July 2017

Tutorial Membuat Bookmark/Pembatas Buku Karakter Dari Origami (Oddbods)

Hai sahabat blogger sepermainan~
Hari ini Lianty kembali dengan membawa postingan tutorial membuat bookmark lagi nih ><
Tutorial yang sebelumnya bisa lihat di sini ya.

But, kali ini bookmarknya berbeda dari yang sebelumnya pernah Lianty buat.
Bookmark kali ini adalah bookmark karakter (di sini Lianty bikin karakter Oddbods)-

dan cara membuatnya sedikit lebih sulit.
Tapi percayalah hasilnya akan memuaskan :D


Okedeh, kita langsung aja sediakan alat dan bahannya yah ;)


Alat dan bahan :
-Origami berbagai warna
-Kertas putih polos
-Lem
-Gunting
-Spidol berbagai warna
-Pembolong kertas
-Benda berbentuk bulat, boleh tutup lem atau koin

Saran Lianty, origaminya yang warnanya tidak timbal balik yah...
Lebih bagus menggunakan origami yang kedua warna sisinya berbeda.
Seperti yang Lianty pakai saat ini, satu sisi berwarna ungu sedangkan sisi yang satunya lagi berwarna putih.


Step 1 :

1 . Siapkan origami berwarna milikmu.



2 . Lipat sisi ujungnya yang berlawanan menjadi bentuk segitiga seperti pada gambar :



3 . Lipat kedua bagian atas sejajar ke arah bawah seperti pada gambar :



4 . Buka kembali lipatan, ambil sisi bawah dan lipat ke atas, hanya satu bagiannya saja ya~
Lebih jelas lihat pada gambar :



5 . Turunkan dan kembali lipat kedua sisi yang tadi kita buka. Masukkan ke dalam sela kertas seperti pada gambar :




Step origami utama sudah selesai, sekarang kita lanjut ke step berikutnya ;)


Step 2 :

6 . Siapkan kembali origami warna hitam dan kertas putih polos milikmu. Juga jangan lupa siapkan alat-alatnya, gunting, lem dan pembolong kertas ya.
 
7 . (1)Gunakan benda berbentuk bulat yang tadi kita siapkan untuk membentuk bagian matanya. Gambar di bagian kertas putih polos sebanyak dua buah.
(2)Setelah itu, gunakan pembolong kertas untuk bagian dalam mata, pakai origami yang berwarna hitam.
(3)Yang terakhir, sediakan kertas putih yang warnanya sedikit kekuningan dan gunting untuk bagian wajah (untuk yang ini Lianty gunakan bagian belakang dari origami yang berwarna oren karena warna putihnya menjadi sedikit kekuningan).
Lebih jelas lihat pada gambar :



8 . Tempel bagian mata hitam ke bagian putih mata yang besar menjadi seperti bola mata menggunakan lem yang sudah di siapkan. Bagian wajah tempel langsung ke origami utama.



9 . Tempel kedua bola matanya ke bagian wajah.



10 . Siapkan spidol warna yang warnanya sama dengan warna origami kalian. Kalau tidak ada yang sama cari warna yang mendekati. Gambar kelopak matanya.
Lebih jelas lihat gambar :




11 . Kembali siapkan origamimu. Kali ini warnanya hitam, putih, merah dan warna yang sama seperti origami utama milikmu. Gunting beberapa bagian.
(1)Lingkaran yang lebih kecil dari bola mata berwarna sama dengan origami utama milikmu. (2)Lengkungan dari origami putih polos untuk bagian antena. (3)Setengah lingkaran berwarna hitam untuk bagian mulut. (4)Gigi-gigi berwarna putih polos. (5)Dan yang terakhir warna merah untuk bagian lidah. Lihat gambar agar lebih jelas :



12 . Tempel bagian merah lidah ke bagian hitam mulut. Lingkaran kecil tempel ke antena dan bagian gigi tempel langsung pada origami utama. Seperti pada gambar :



13 . Tempel bagian mulut dan antena langsung ke bagian utama origami.
Kembali siapkan spidol warna yang tadi kamu gunakan.



14 . Langkah terakhir~! Warnai antenanya dengan warna belang-belang seperti blaster dengan spidol warna tadi.



15 . Selesai deh~! Sekarang kamu bisa langsung gunakan ke bukumu >_<
Atau kamu juga bisa berikan pada temanmu untuk hadiah kecil-kecilan :>





Sisanya bisa kamu kreasikan sesuai kemauan dan selera kamu sendiri.
Kamu juga bisa buat sesuai karakter kartun favoritmu.
Lianty juga buat versi sumiko gurashi lho (karakter kartun yang ada di blog ini)



Yap! Kalian sudah selesai membuat bookmark ini begitupun juga Lianty yang sudah selesai menulis tutorial ini. Semoga bermanfaat untuk kalian ya sahabat blogger sepermainan~
Sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya~~~

Salam kreatif,

-Lianty Putri-

Catatan tambahan :
Mulai hari ini Lianty akan jarang ngeblog karena Lianty sudah masuk sekolah.
Jadi jangan heran yah... Seminggu bisa ngepost sekali saja rasanya sudah syukur T^T


Reaksi:

10 comments:

  1. Kreatif sekali~ X'D Thanks atas tutorialnya, Min Lily X'D kkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sama-sama kak^^ semoga bermanfaat :*

      Delete
  2. Ini lucu banget, Lianty! Apalagi yg karakter oddbods. Ketika pembatas buku dipasang di halaman buku, dia kayak lagi memakan kertas bukunya dengan gigi2 besarnya! :)) Nanti mau coba ikutan bikin ahh.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D ikutan dicoba yah kak ^^ lumayan buat pembatas buku imut-imut :)

      Delete
  3. Lianty, turorialnya kreatif. Jd semangat baca, kalo batas bukunya unik spt itu. Kamu kreatif sekali.... K Mona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... iya kakak bener banget, jadi semangat baca kalau pembatasnya imut :D. Terima kasih lho kak ^^

      Delete
  4. Replies
    1. Hihihi :> iya lucu lucu kan >< dibuat yah >< biar bacanya jadi lebih semangat ^^

      Delete
  5. btw, lihat oddbods jadi keingetan sama rabbids invasion. ga tahu kenapa :)

    ReplyDelete
  6. bw here kaka~
    cboxnya gak muncul kak

    ReplyDelete

Thank's for left your coment^^