Friday, 24 February 2017

The Dilema Of Milih Jurusan SMA, IPA atau IPS?

IPA atau IPS? IPA atau IPS ya?
Lianty selalu memikirkan ini setiap saat. Lianty bener-bener bingung harus pilih jurusan yang mana. Lianty merasa serba salah kalau Lianty memilih salah satu di antara IPA atau IPS.
Karena IPA dan IPS masing-masing punya kelebihan dan kekurangan dimata Lianty.

Setelah menjalani kelas 1 SMA lebih dari setahun. Lianty tahu seperti apa IPA dan IPS itu.
Tapi Lianty gak tahu mana yang terbaik untuk Lianty.
Pasalnya, rencananya Lianty ingin ambil jurusan ‘Komputer’ saat kuliah nanti (amin...), setelah Lianty tanya guru Lianty, guru Lianty bilang kalau kedua-duanya bisa. Saat Lianty tanya kerabat Lianty, mereka bilang Lianty lebih baik masuk IPA seperti mereka. Lianty tukar fikiran dengan teman-teman Lianty, mereka bilang lebih baik masuk IPS kalau tidak ambil sarjana pertanian atau kedokteran. Nah Lianty rasa bener juga, karena Lianty gak mau masuk kedokteran. Buktinya, kerabat Lianty kerja di kantor ‘keuangan’. Berarti ceritanya mereka mengambil lapangan kerja anak IPS nih :V

Hemzzzzz….

IPA
Kelebihan:
- pelajarannya menyenangkan
- gurunya baik-baik dan sabar-sabar
- praktek yang banyak membuat kita semakin pintar dan aktif
- sarjana tekhnik berawal dari jurusan ini
- sebagian besar murid di jurusan ini meraih sukses
Kelemahan:
- Lianty gak yakin otak Lianty sanggup atau enggak sama Fisika
- teman-teman Lianty gak ada yang milih jurusan ini
- ilmu pasti, sehingga sulit untuk menjawab sewaktu ujian
- untuk apalah fisika kalau berakhir di jurusan komputer

IPS
Kelebihan:
- teman-teman Lianty semuanya di jurusan ini
- jarangnya praktek sehingga pr tidak terlalu banyak
- sarjana ekonomi dan hukum berawal dari jurusan ini
- ilmu yang jawabannya bisa dikarang menurut pendapat sendiri, sehingga tidak sulit saat ujian
Kelemahan:
- guru-gurunya gak enak
- pelajarannya membosankan (karena gurunya gak enak), Lianty cuma suka geografi doank
- banyaknya teori yang panjang
- Lianty juga kurang yakin otak Lianty sanggup atau enggak sama Akutansi


Lianty bener-bener gak tahu harus pilih yang mana. Lianty gak tahu.
Hufhhttttt….

Nah jadi, teman-teman blogger sepermainan, siapapun yang membaca ini. Lianty ingin tahu pendapat kalian tentang ‘pilih jurusan’ ini. Menurut kalian mana yang bagus untuk Lianty, IPA atau IPS. TT^TT

Semoga jurusan apapun yang nanti akan Lianty pilih, Lianty tetap bisa meraih sukses dan membanggakan orang tua... Aminnnnn!!

-Lianty Putri-
Reaksi:

2 comments:

  1. ngasih saran ya : kalau mau komputer mending di IPA aja. Soalnya pelajaran matematikanya lebih mendalam. Biasanya kalau di jurusan komputer lebih memerlukan kemampuan matematika yang lebih mendalam, khususnya bagian logika dan matriks (biasanya di IPS matriksnya gak dalem amat).

    Selain itu, jurusan yang berhubungan dengan perkomputeran biasanya banyak di IPA daripada IPS (untuk pilihan SNMPTN atau SBMPTN)

    Semoga membantu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak untuk sarannya ya kak~!. Sangat membantu Lianty banget ><

      Iya, Lianty sebenarnya mau ambil jurusan komputer tapi masih bingung. Untung deh ada kakak yang lebih ngerti urusan beginian :3 Kalau Lianty nanya teman-teman Lianty, mereka mah nyuruh Lianty ke IPS karena mereka masuk IPS :V Hehehehe.. teman mah gitu yah.. Makasih ya kak~~

      Delete

Thank's for left your coment^^