Tuesday, 8 November 2016

Tutorial Membuat Bookmark/Pembatas Buku Dari Kertas Undangan Bekas

Hai sahabat blogger seperminan~
Kali ini Lianty mau ngepost tentang tutorial bikin bookmark dari kertas bekas undangan.
Caranya simple banget kok :D Bahan-bahannya juga gampang dicari :)
Lianty kefikiran bikin bookmark ini setelah Lianty belum selesai membaca buku, buku yang Lianty baca tidak memberikan bonus pembatas buku. Dan alhasil mau gak mau Lianty lipat deh halamannya :3

Daripada waktu senggang terbuang untuk hal yang sia-sia, lebih baik digunakan untuk berkreasi-kan? 
:D :D


Okedeh langsung saja ya.


Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan-bahan ini:


-Kertas-kertas bekas undangan

-Pembolong kertas

-Pita cina (terserah mau warna apa)

-Gunting/pisau curter

-Perekat solasi

-Lem

-Penggaris
-Pena




Cara 1, Just Cut

Siapkan beberapa kertas bekas undangan yang sudah kamu kumpulkan.




Ukur dan beri tanda menggunakan penggaris dan pulpenmu. 
Beri garis dibagian belakangnya ya, agar kamu bisa memperbaiki garisnya kalau kurang rapi.
Disini Lianty memakai panjang 10cm dan lebar 4cm.




Setelah ditandai dengan besar yang kamu inginkan, potong sesuai ukuran yang kamu tandai menggunakan pisau atau gunting. Pelan-pelan agar rapi ya :D




Beri lubang dibagian tengah atas kertas undangan yang sudah kamu potong menggunakan pembolong kertas.




Lilitkan pita cina didalam lubangnya.
Seperti ini:


Jadi deh :D

Sisanya bisa kamu kreasikan sendiri, kamu bisa tambahkan hiasan-hiasan seperti gambar-gambar atau sticker-sticker menggunakan lem yang sudah disiapkan tadi.



Cara 2, Anyam-Anyam

Siapkan beberapa kertas bekas undangan dengan berbagai macam motif dan warna.

Siapkan kertas undangan yang pertama. 
Ukur menggunakan penggaris dengan panjang dan lebar sesukamu.
Potong sesuai ukuran yang sudah kamu tandai, kemudian potong lagi kecil-kecil menggunakan gunting atau pisau, usahakan ukurannya sama semua ya :D
Tapi kalau gak sama juga gak apa kok :) 
Eits, tapi guntingnya jangan sampai habis ya ;) sisakan sedikit ruang saja agar lebih mudah 
meng-anyamnya nanti.




Siapkan kertas undangan yang kedua.
Potong menggunakan gunting atau pisau, usahakan juga ukurannya sama ya :).




Anyam selang-seling kertas-kertas yang sudah dipotong tadi.





Rapikan ujung-ujungnya kemudian berikan perekat solasi agar lebih rapi.


Selesai deh :D

 
Simple banget kan ya >-<

Nah sekarang buku kita sudah punya pembatas buku :>
Tidak perlu melipat halamannya lagi deh :)


Okedeh, sampai disini dulu simple tutorial membuat bookmark dari kertas bekas undangan yang satu ini yah :D Lain waktu Lianty mau bikin tutorial membuat bookmark dari kertas gambar, origami dan kain flanel yang gak terlalu sulit juga tapi hasilnya lebih bagus karena warna-warni >-< 
Kekekeke~

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya ya ;)
Salman, salam manis.
-Lianty Putri-
Reaksi:

2 comments:

  1. waah keren banget bisa buat beginian. lanjutkan ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah... kakak bisa aja :3 Semuanya juga bisa buat kok :3 Oke kak~~ ;)

      Delete

Thank's for left your coment^^