Tuesday, 8 November 2016

Tips Trik Merawat Bukumu Agar Awet Selalu


Hai sahabat blogger sepermainan~
Hari ini Lianty ingin posting artikel tulisan Lianty sendiri tentang
‘Tips Trik Merawat Bukumu Agar Awet Selalu’ :D
Berbagi itu menyenangkan :D Entah kenapa belakangan ini rasanya Lianty jadi suka nulis artikel tentang tips trik seputar kebiasaan pelajar-pelajar seperti kita ini :D Muehehehe /?/...

Setelah sebelumnya Lianty sudah pernah post tentang:
-Cara Tips Trik Mencari Sahabat Pena
Kali ini Lianty mau berbagi salah satu tips trik yang biasa Lianty lakoni :>.

Sebagai seorang pelajar yang suka membaca, pastinya kita sayang donk sama buku-buku kita.
Dan pastinya kita juga ingin buku-buku kita selalu dalam kondisi bagus agar bisa digunakan dilain waktu lagi. Berikut ini ada beberapa tips dan trik merawat buku yang bisa kamu ikuti.
Tips dan triknya tidak terlalu sulit kok :D Jadi kamu bisa coba :>



1. Simpan Ditempat Yang Aman dan Cocok

Simpan buku-bukumu ditempat yang aman ya, berikut beberapa kriteria tempat yang aman untuk menyimpan buku-bukumu:

-Jauh dari rembesan air dan kelembapan
Yang paling pertama adalah jauh dari jangkauan air. Jangan simpan bukumu ditempat-tempat yang rawan rembesan air seperti didekat kamar mandi, didekat jendela dan ditempat rawan air lainnya. Ya seperti yang kamu ketahui, buku ­itu berbahan kertas dan kertas itu tidak tahan air. Jangan sampai bukumu rusak gara-gara basah terkena air maupun rembesannya ya.

-Jauh dari serangga (rayap) dan tikus
Yang kedua adalah jauh dari jangkauan hewan, baik itu serangga maupun tikus sekalian.
Kamu pasti tahu dimana tempat dirumahmu yang rawan akan hewan-hewan ini. Tempat yang rawan rayap dan tikus biasanya adalah tempat yang kotor dan lembap. Seperti contohnya saja sepupu Lianty yang menyimpan bukunya dibawah tempat tidur, alhasil buku-bukunya habis robek-robek digigit rayap :3. Boleh saja kamu simpan bukumu dibawah tempat tidur, tapi hendaklah selalu kamu jaga kebersihannya ya :D.

-Tidak langsung terkena matahari
Yang ketiga adalah tidak langsung terkena pancaran cahaya matahari. Benda apapun itu yang langsung terkena pancaran sinar matahari lama-kelamaan pasti akan lusuh/lapuk/luntur. Didekat jendela contohnya, selain rawan air, menyimpan buku didekat jendela juga rawan akan sinar matahari yang dapat membuat bukumu akan lapuk lama-kelamaan. Pelan-pelan tapi pasti cahaya matahari akan merusak bukumu :3


2. Manfaatkan Lemari dan Rak

Kalau dirumahmu ada lemari atau rak yang kosong, ayo manfaatkan. Jadikan itu sebagai media tempat untuk menyimpan buku-bukumu. Kamu gak harus menyimpan bukumu dirak buku kok :D Contohnya saja Lianty, Lianty gak menyimpan buku-buku Lianty dirak buku kok. Lianty menyimpan buku-buku Lianty dilemari bekas televisi yang tak terpakai :D Sekat-sekat lemarinya bermanfaat banget >< Jadi gak perlu harus keluar modal untuk menjaga barang-barangmu.

“Tapi aku gak punya lemari-lemari atau rak yang tak terpakai”
Gak apa, kamu bisa simpan bukumu ditempat lain yang aman dari air, hewan dan faktor-faktor lain yang dapat merusak buku-bukumu :D Manfaatkan kotak atau kardus-kardus agar bukumu rapi selalu ditempatnya ya :)


3. Pakailah Bookmark atau Pembatas Buku

Sebagai seorang pelajar yang punya banyak tugas sekolah, kita tentu tidak dapat menghabiskan buku bacaan kita dalam waktu yang singkat.
Perlu waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk menghabiskan buku yang kita baca jika kita benar-benar sibuk dengan tugas sekolah.
Biasanya jika kamu belum selesai membaca buku, apa yang akan kamu lakukan?
Apakah kamu melipat sisi bukumu untuk memberi tanda halaman yang sudah kamu baca?
Kalau kamu punya kebiasaan seperti ini, coba diubah ya :D Karena, sering melipat buku dapat menyebabkan bukumu mudah robek. Pakailah bookmark atau pembatas buku untuk menandai halaman dibukumu, jangan sering-sering melipat bukumu ya :). Biasanya beberapa penerbit memberikan bonus pembatas buku dibuku-buku terbitan mereka, namun banyak juga penerbit yang tidak memberikan pembatas buku pada buku-buku yang mereka terbitkan.
Nah, jadi sebagai gantinya kamu bisa bikin pembatas buku sendiri :D
Lianty punya tutorial membuat pembatas buku dari kertas-kertas bekas undangan nih,
Tutorialnya simple banget >< gak akan ngebuang waktumu deh ;) Silahkan mencoba~


4. Jaga Kerapiannya

Selalu jaga kerapian buku-bukumu ya :D. Jika kamu menyimpannya dilemari atau dirak cobalah susun dengan format seperti ini:

-Novel,Kamus dan berbagai buku tebal lainnya disusun berdiri.
Jika kamu punya buku-buku dengan halaman tebal, susunlah buku-buku tebal itu dengan kondisi berdiri. Buku-bukumu akan terlihat lebih rapi.

-Majalah,Tabloid dan buku tipis lainnya disusun tidur/tertumpuk.
Khusus untuk buku-buku tipis seperti majalah, tabloid ataupun buku-buku tipis lainnya, lebih baik kamu susun dengan kondisi tertidur/tergeletak. Karena jika kamu menyusun buku-buku tipis dengan kondisi berdiri, buku-buku itu akan mudah lusuh dan terlipat. Jadi lebih baik kamu simpan dengan keadaan tergeletak ya :D


5. Hindari Meminjamkannya Pada Sembarangan Orang

Yup! Sebagai seseorang yang hobi membaca, istilah pinjam-meminjam pasti tak jauh dari kebiasaan. Dalam hal ini kamu harus berhati-hati dan cermat melihat siapa orang yang ingin kamu pinjami.
Jangan sampai penyesalan datang belakangan ya :3
Walaupun ia temanmu sendiri, tapi kamu harus tetap berhati-hati.

Pertimbangkanlah lagi ya teman-teman :D Sudah banyak juga curahan hati para teman yang berakhir penyesalan karena tidak berhati-hati saat meminjamkan bukunya.
Lianty sendiri juga pernah kok :( Padahal waktu Lianty pinjamkan bukunya sama teman Lianty ini, bukunya masih good condition banget! Eh waktu dikembalikan, buku Lianty malah mirip bungkus ikan asin dipasar ikan -_-. Lianty nyesel banget -_-, kapok deh gak mau lagi minjamin buknya ke dia.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat meminjamkan bukumu pada orang lain:
-Lihat orangnya, Apakah temanmu bisa menjaga barang dengan baik? Apakah temanmu mau bertanggung jawab? Apakah temanmu lalai dan pelupa?
Sekali lagi, janganlah penyesalan datang di akhir ya teman-teman :3

-Say No to ESTAFET!
A : Lianty, aku pinjam bukumu ya!
Me : Iya, jangan lama-lama kembali’innya ya!
(beberapa minggu kemudian)
A : Lianty ni bukumu kukembaliin *sambil sodorin buku*
Me : Kok lecek gini?!
A : Kagak tau lah, kemarin selesai ane baca si B minjam.

Hemzz.... pengalaman yang pahit -_-
Dalam hal ini siapa yang mau disalahin? Sebenarnya Lianty juga bingung mau nyalahin siapa, karena Lianty gak tahu pasti buku ini rusaknya ditangan siapa. Tapi alhasil Lianty marah-marah gak jelas sama si A, karena dialah yang minjemin ke si B tanpa bilang-bilang ke Lianty dulu.
Hindari peminjaman buku secara estafet seperti ini ya. Jika si B mau meminjam, hendaknya si B maupun si A permisi dulu sama kamu dan kamu juga harus lihat keadaan terakhir bukumu saat ingin meminjamkan ke si B, jadi kamu bisa tahu bukumu rusaknya ditangan siapa.
Jadi kalau teman-teman pinjamin buku ke orang lain, jangan lupa ucapkan sederet kalimat ini “Kalau udah siap langsung kembaliin yah, rusak tanggung jawab lho” :D
Budidayakan ‘kembalikanlah barang yang kamu pinjam dengan keadaan semula seperti saat kau meminjamnya’ :) Ingat-ingat ya teman-teman.


Okedeh, Lianty rasa cukup sampai disini dulu tulisan tentang Tips dan Trik merawat buku :)
Ini penampakan buku-buku di rak buku Lianty :D




Wkwkwkwk..
Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan kata-kata ya teman-teman.
Kurang lebih Lianty mohon maaf.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Salman, salam manis,
-Lianty Putri-


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thank's for left your coment^^